Belajar Mengenal Fungsi Menu – Menu Pada Microsoft Excel
1.
1. Aplikasi MS. EXCEL
2.
a. Pengertian
Microsoft Excel
Microsoft excel adalah Program
aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka
(Aritmatika). Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan
bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Program Microsoft
Excel seperti program jenis spreadsheet pada umumnya, digunakan untuk segala
sesuatu yang berhubungan dengan tabel, angka-angka dan grafik.
- b. Kegunaan Microsoft Excel
Program Microsoft Excel sering
disebut dengan spreadsheet (lembar kerja elektronik) yang beroperasi di
bawah sistem operasi windows. Kegunaan Microsoft excel adalah sebagai berikut :
- Bidang Akuntansi
Contoh dari penggunaan program
microsoft excel dalam bidang akuntansi adalahmenghitung jumlah rugi/laba suatu
perusahaan, mencari besarnya keuntungan selamasatu tahun, menghitung gaji
karyawan, dan sebagainya.
- Kalkulasi Matematis
Kalkulasi matematis digunakan untuk
mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian,
serta berbagai variasinya.
- Pengelolaan Data
Penggunaan pengelolaan data yaitu
untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan
pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data.
- Pembuatan grafik
Excel dapat digunakan untuk membuat
grafik, misalnya grafik perkembangan nilai komputer siswa dalam lima tahun,
grafik perkembangan jumlah penduduk selama satutahun, grafik kunjungan siswa ke
perpustakaan selama satu tahun, grafik kelulusan siswaselama 10 tahun, dan
sebagainya.
- Operasi Tabel
Dengan jumlah baris pada microsoft
excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom16.384, maka tidak akan merasa
kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris
yang sangat banyak.
- Sel Styles: Excel 2010 menawarkan lebih dari 40 warna-warni gaya siap pakai. Ini adalah gaya Anda dapat melihat pratinjau dalam worksheet dengan hidup preview sebelum Anda menerapkannya. Anda menerapkan gaya sel dengan pemilihan sel dengan cepat dan mudah mengklik thumbnail dalam Sel Styles galeri.
- Format dan Editing dari Home tab : Home tab Excel Ribbon harfiah membawa pulang semua format dan mengedit fitur yang umum digunakan. Lewatlah sudah hari-hari ketika Anda harus ikan untuk tombol kanan pada beberapa lama, toolbar berlarut-larut atau pada beberapa menu pull-down sebagian dikerahkan. Sekarang yang perlu anda lakukan adalah menemukankelompok yang memegang perintah tombol yang Anda butuhkan dan klik. Apa yang bisa lebih mudah!
- Charts dari Insert tab: Excel 2010 pensiun Chart Wizard dan menawarkan akses langsung ke semua jenis utama dari grafik pada Insert tab Ribbon itu. Cukup pilih data ke grafik, klik tombol perintah untuk jenis grafik pada tab Insert, kemudian pilih gaya yang Anda inginkan untuk jenis chart. Dan dengan sedikit bantuan dari banyak tombol perintah dan galeri di Design, Layout, dan Format tab pada Bagan tab Tools kontekstual, Anda memiliki grafik yang benar-benar profesional-cari siap untuk dicetak!
- Format Sebagai Tabel: Fitur ini adalah penjaga nyata. Dengan format tabel data dengan salah satu dari banyak gaya tabel yang tersedia pada Tabel gallery drop-down Styles, Anda yakin bahwa semua entri baru dibuat ke meja yang akan diformat dengan cara yang sama seperti orang lain dalam posisi yang sama dalam tabel. Lebih baik lagi, semua entri baru ke meja dianggap sebagai bagian dari tabel secara otomatis ketika datang ke format, menyortir, dan penyaringan.
- Page Layout View: Bila Anda menghidupkan pandangan ini dengan mengklik Page Layout View tombol pada Status bar , Excel tidak hanya menunjukkan istirahat halaman sebagai sangat sedikit garis putus-putus seperti pada versi sebelumnya tetapi sebagai perpisahan yang sebenarnya. Selain itu, program ini menunjukkan margin untuk setiap halaman, termasuk header dan footer yang ditetapkan untuk laporan (yang Anda berdua bisa menentukan dan mengedit langsung di daerah marjin sementara program ini dalam pandangan ini).
- Style Galleries: Excel 2010 macet penuh galeri gaya yang membuatnya snap untuk menerapkan canggih baru (dan, dalam banyak kasus, sangat berwarna-warni) format untuk grafik, tabel dan daftar data, dan berbagai dan bermacam-macam grafis yang Anda tambahkan ke lembar kerja Anda. Ditambah dengan fitur Live Preview, gaya galeri Excel pergi jauh ke arah mendorong Anda untuk membuat lebih tampan, lebih berwarna, dan menarik spreadsheet.
- Dokumen Informasi dan Percetakan di Backstage View : Merek baru Backstage View di Excel memungkinkan Anda untuk mendapatkan semua properti dan statistik (secara teknis dikenal sebagai metadata) tentang workbook file yang Anda mengedit (termasuk thumbnail isinya) pada satu pane hanya dengan memilih FileInfo (Alt + F). Ini baru Backstage View juga membuatnya mudah untuk melihat, mengubah pengaturan, dan mencetak lembar kerja Anda menggunakan panel Print baru dengan memilih FilePrint (Ctrl + P atau Alt + FP).
- Ribbon: The Ribbon adalah jantung dari user interface Excel 2010 baru. Berdasarkan inti tab standar yang berbagai tab kontekstual disebut ditambahkan sesuai kebutuhan di format dan mengedit elemen tertentu (seperti data yang tabel , grafik, poros tabel , dan objek grafis), Ribbon menyatukan paling setiap perintah Anda sedang akan membutuhkan saat melakukan tugas-tugas tertentu di Excel.
- Live Preview: Live Preview bekerja dengan semua galeri gaya serta Font dan Ukuran Font menu drop-down pada kelompok Font pada tab Home. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana data di saat sel seleksi akan terlihat dengan format tertentu, font, atau ukuran font sebelum Anda benar-benar menerapkan format untuk jangkauan. Yang harus Anda lakukan adalah mouse ke thumbnail di menu drop-down atau galeri untuk melihat bagaimana masing-masing gaya yang akan terlihat pada data aktual Anda.
1.
2. Mengenal
Workspace Excel 2010
Pada Microsoft Excel 2010 memiliki
beberapa perubahan oleh fitur dan tampilannya yang semakin baik dan sangat
mudah digunakan dibandingkan MicroSoft Excel 2007. Berikut Beberapa Fitur dan Icon
Berdasarkan Fungsinya :
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Save
|
Menyimpan
dokumendengan nama yang sama setelah dilakukan perubahan
|
2
|
Save As
|
Menyimpan
dokumen yang baru dibuat di tempat yang diinginkan
|
3
|
Open
|
Membuka
dokumen yang pernah disimpan
|
4
|
Close
|
Menutup
dokumen
|
5
|
Info
|
Memberi
keterangan/informasi mengenai dokumen yang dibuka
|
6
|
Recent
|
Melihat
dokumen yang pernah dibuka
|
7
|
New
|
Membuat
lembar kerja baru
|
8
|
Print
|
Mencetak
dokumen
|
9
|
Save & Send
|
Menyimpan
dan mengirim dokumen
|
10
|
Help
|
Membantu
pengguna dalam menginformasikan fungsi ikon yang ada pada Microsoft Excel
|
11
|
Options
|
Memberi
pilihan untuk mengedit
|
12
|
Exit
|
Keluar
dari Microsoft Excel
|
HOME
No
|
Sub
menu
|
Fungsi
|
1
|
Clipboard
|
|
2
|
Font
|
|
3
|
Alignment
|
|
4
|
Number
|
|
5
|
Styles
|
|
6
|
Cells
|
|
7
|
Editing
|
|
INSERT
No
|
Sub
menu
|
Fungsi
|
1
|
Tables
|
|
2
|
Illustrations
|
|
3
|
Charts
|
|
4
|
Sparklines
|
|
5
|
Filter
|
|
6
|
Links
|
|
7
|
Text
|
|
8
|
Symbols
|
|
PAGE LAYOUT
No
|
Sub
menu
|
Fungsi
|
1
|
Themes
|
|
2
|
Page
Setup
|
|
3
|
Scale
to Fit
|
|
4
|
Sheet
Options
|
|
5
|
Arrange
|
|
FORMULAS
No
|
Nama
Icon
|
Fungsi
|
1
|
Function
library
|
|
2
|
Defined
Names
|
|
3
|
Formula
Auditing
|
|
4
|
Calculation
|
|
DATA
No
|
Nama
Icon
|
Fungsi
|
1
|
Function
library
|
|
2
|
Defined
Names
|
|
3
|
Formula
Auditing
|
|
4
|
Calculation
|
|
RIVIEW
No
|
Nama
Icon
|
Fungsi
|
1
|
Proofing
|
|
2
|
Language
|
|
3
|
Comments
|
|
4
|
Changes
|
|
VIEW
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
1
|
Workbook Views
|
|
2
|
Show
|
|
3
|
Zoom
|
|
4
|
Window
|
|
5
|
Macros
|
|
1.
3. Formula
Excel
Microsoft Office Excel memang
dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam
lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan kita dalam
membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau
rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini,
dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang
sangat beragam fungsinya. Setiap rumus di dalam MS Excel memilik fungsi
tersendiri. Oleh karena itu kita harus benar-benar memahami masing-masing
fungsi dasarnya agar penggunaan rumus dalam MS Excel bisa lebih maksimal dan
efisien.
Beberapa macam fungsi dan kegunaan
yang ada pada Microsoft Excel 2010, adalah sebagai berikut :
1.
1. Fungsi
SUM
Untuk menghemat waktu pengerjaan
dengan menjumlahkan satu per satu cell, excel menyediakan fasilitas menjumlah
yang lebih cepat dengan rumus SUM.
Langkah-langkahnya adalah;
Aktif di cell tempat hasil penjumlahan
akan ditampilkan
Ketikkan rumus =SUM(sorot area angka
yang hendak di jumlahkan) contoh =SUM(B3:B10)
Artinya ingin menjumlahkan nilai
dari cell B3 hingga cell B10
Fungsi sum juga dapat diakses dengan
aktif ke tab formulas > insert functions > pilih SUM (atau dengan
mengetikkan SUM pada isian search for a function
Selain dengan akses ke tab formula
> insert function > SUM maupun langsung mengetikkan rumusnyab pada
formula bar, penjumlahan juga dapat dilakukan dengan aktif ke tab formula
> auto SUM atau dengan memilih symbol ∑ pada tab home (sama dengan
auto sum)
1.
2. Fungsi
LOGIKA IF
Fungsi logika IF digunakan untuk
menampilkan beberapa kemungkinan nilai/ hasil sesuai dengan kondisi tertentu.
Bentuk Umum dari fungsi IF adalah
=IF(logical_test,[value if
true],[value if false])
Langkah-langkah pengerjaan
perhitungan dengan menggunakan rumus IF adalah:
Tentukan kategori/ batasan untuk
suatu kondisi dengan beberapa alternative kondisi. Contoh jika peserta
mempunyai nilai > nilai x mendapat hadiah XXX, jika mempunyai nilai >
nilai y mendapat hadiah YYY, jika tidak mencapai maka tidak mendapat hadiah
Ketikkan formula IF pada formula
bar. contoh
=IF(B3>=90,”hadiah
kamera”,IF(B3>=80,”hadiah foto studio + make up”,IF(B3>=70,”hadiah
kenang-kenangan”) kemudian enter
Artinya jika seorang peserta yang
memiliki nilai di cell B3 diatas atau sama dengan 90 mendapat hadiah kamera,
jika nilainya 80-89 mendapat hadiah foto studio + make up, jika nilainya 70-79
mendapat hadiah kenang-kenangan, jika nilainya lebih kecil atau sama dengan 69
tidak mendapat apapun.
Rumus IF juga dapat ditampilkan
dengan aktif di tab formulas > insert function > ketikkan IF pada seach
for a formula > OK.
Isikan Logical tes dengan B3>=80,
value_if_true dengan “hadiah kamera”, value _if_false dengan
IF(B3>=80,”hadiah foto studio + make up”,IF(B3>=70,”hadiah
kenang-kenangan,”) kemudian klik OK
Rumus IF dapat juga digabung dengan
beberapa rumus logika lainnya seperti AND, OR, NOT, dan sebagainya. Berikut
contoh penggunaan IF dengan penggabungan logika AND
1.
3. Fungsi
VLOOKUP
Fungsi Vlookup berguna untuk membaca
data secara vertical pada suatu cell atau range. Bentuk umum fungsi VLOOKUP
adalah: =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num)
Langkah – langkah untuk menggunakan
fungsi VLOOKUP adalah:
Sebelum menggunakan rumus VLOOKUP,
data sumber/ table arraynya di urutkan terlebih dahulu secara ascending/ sort
a> z
Aktiflah pada cell dimana hasil
VLOOKUP akan ditampilkan, kemudian ketikkan rumus VLOOKUP di formula bar, misalnya:
=VLOOKUP(A3,$A$12:$C$16,2). Artinya kita akan mengisi misalnya cell F3 (cell
yang dipilih untuk tampil hasil fungsi) dengan nilai dari table referensi A12
hingga C16 dengan hasil adalah kolom ke dua dari table referensi =nilai dari
cell B12:B16. Table array diberikan symbol $ agar referensinya tidak bergeser
saat formula yang sama di copy ke baris berikutnya. Symbol $ dapat diketik
manual atau dengan menggunakan short cut F4.
Selain dengan menggetikkan rumus
tersebut pada formula bar, fungsi VLOOKUP dapat dieksekusi dengan aktif di tab
formulas > insert functions > ketikkan VLOOKUP pada search for a formula
> OK
Setelah aktif window formula
VLOOKUP, isilah lookup value dengan A3, table array dengan mensorot cell A12
hingga C16, col_index_num isilah dengan 2 > OK
Berikut contoh lain penggunaan
VLOOKUP dengan penggunaan table referensi pada sheet yang berbeda dengan sheet
aktif.
Artinya table referensi ada di sheet
table registrasi peserta dengan data terdapat pada cell B3 hingga C17, dengan
nilai yang akan ditampilkan pada kolom C di sheet hasil festival adalah dari
kolom ke 2 dari table referensi tersebut (C3:C17)
Rumus VLOOKUP juga dapat digabungkan
dengan beberapa rumus lain. Contohnya VLOOKUP digabung dengan SUM,digunakan
untuk menjumlahkan nilai dari hasil lookup dengan nilai konstanta/nilai
tertentu untuk keseluruhan nilai kolom dalam table tersebut.
Contoh rumusnya
=SUM(D4*VLOOKUP(B4,$B$12:$D$17,3))
1.
4. Fungsi
LOGIKA COUNTIF
Fungsi logika COUNTIF digunakan
untuk melakukan perhitungan COUNT dengan criteria tertentu. Contoh penggunaan
COUNTIF adalah =COUNTIF(F31:F42,”>=95”)
Artinya ingin mengetahui jumlah data
yang nilainya lebih besar atau sama dengan 95 dari sel F31 hingga sel F42.
1.
5. Fungsi
Finansial
Fungsi financial adalah kumpulan
fungsi yang berguna untuk menghitung data-data keuangan. Aplikasi fungsi
financial yang sering dipakai antara lain: menghitung nilai investasi pada
bank, menghitung penurunan harga, dan perhitungan pembayaran cicilan.
Fungsi FV (Future Value)
Beberapa elemen dalam fungsi FV
adalah:
Rate (tingkat suku bunga)
Nper (jumlah periode angsuran)
Pmt (besar angsuran yang
dibayarakan)
PV (nilai saat ini yang akan
dihitung nilainya di masa depan)
Type (jatuh tempo pembayaran
angsuran) jika nilainya 1 maka pembayaran dilakukan di awal periode, jika
nilainya 0 maka pembayaran dilakukan di akhir periode.
Bentuk umum fungsi FV adalah:
=FV(rate;nper;pmt;pv;type)
Contoh: misalkan untuk membeli
sebuah rumah tipe 21 diperlukan biaya Rp.50.000.000,00. Berapa uang uang yang
diperlukan untuk membeli rumah tersebut 20 tahun mendatang, jika diasumsikan
inflasinya=8%.
Langkah pengerjaannya:
Tentukan cell tempat menampilkan
hasil perhitungan FV
Aktif di tab formulas > insert
functions > ketikkan FV pada serch for a formula > OK
Isilah Rate dengan 0.08 (karena
inflasi 8%)
Isilah Nper dengan 20 (karena 20
tahun)
Isilah Pmt dengan 0 (karena tidak
dilakukan cicilan)
Isilah PV dengan -50.000.000 (nilai
50 juta minus karena diasumsikan 50 juta dikeluarkan saat ini)
Dari hasil perhitungan tersebut akan
dihasilkan nominal Rp. 233.047.857,19
1.
6. Three-Dimensional
Reference
Reference bisa dipakai untuk
melakukan kalkulasi terhadap sel yang tersebar dalam banyak worksheet. Semisal
data penjualan dicatat menggunakan Excel. Untuk tiap bulan digunakan satu
worksheet. Misalkan di dalam tiap worksheet total penjualan dicatat dalam sel
A100.
Jika ingin diketahui total penjualan
dalam satu tahun digunakan formula berikut :
=SUM(Sheet1:Sheet12!A100)
1.
7. Name
Sekelompok sel bisa diberi nama.
Peraturan untuk pemberian nama adalah sebagai berikut:
Semua nama dimulai dengan huruf,
backslash ( \ ), atau underscore ( _ )
Angka boleh dipakai
Spasi tidak diperbolehkan
Bentuk referensi terhadap sel tidak
boleh dipakai (contoh B5, $A1)
Nama bisa berupa 1 huruf (kecuali R
dan C)
Untuk mendefinisikan Name dapat
dilakuan dengan shortcut Ctrl +F3
Jika ingin menambahkan nilai data
yang sebelumnya telah diberikan nama, maka penjumlahan dapat dilakukan dengan:
=SUM(nama range tersebut)
1.
8. Format
Cell
Format cell digunakan untuk mengatur
jenis data yang ada dalam suatu cell. Beberapa jenis pengaturan yang tersedia
dalam format cell adalah: general, number, currency, accounting, date, time,
percentage, fraction, scientific, text, special,custom. Selain mengatur jenis
dari data yang ada pada suatu cell, format cell juga memiliki fitur untuk
mengatur alignment, font, border, fill, dan protection.
Langkah yang dapat dilakukan untuk
memformat jenis data dalam suatu cell:
Klik kanan> format cell
Pilih jenis data yang sesuai pada
menu number. Jika data berupa tanggal, maka pilihlah date, kemudian pada kolom
type yang ada disebelah kanan list pilihan, pilihlah jenis format tanggal yang dikehendaki. Jika data berupa number dan ingin
diberikan nilai desimalnya, maka pilihlah number dan pada decimal place,
tentukan jumlah angka di belakang koma yang dikehendaki. Untuk data yang berupa nilai mata uang, maka pilihlah currency dengan
symbol sesuaikan dengan symbol mata uang yang dikehendaki.
Jika pilihan tidak ada maka dapat
dibuat dengan menggunakan custom. Contoh jika ingin menampilkan satuan “orang”
pada kehadiran rapat kepengurusan maka pada custom ketikkan 0” orang” demikian
pula untuk jenis satuan yang lain yang belum tersedia
1.
9. COUNT
=COUNT(…)
Fungsinya:Untuk melakukan counter
Bentuk umum:=COUNT(range sel)
Contoh:Misalkan kita akan menghitung
jumlah pegawai yang berada disel B5 sampai sel B15
Penulisan:=COUNT(B5:B15)
1.
10. MAX
=MAX(…)
Fungsinya:Untuk mencari nilai
maksimum (terbesar)
Bentuk umum:=MAX(range sel)
Contoh:Misalkan kita ingin
menentukan nilai terbesar dari sederetan selyang berada di sel F1 sampai sel
F17
Penulisan:=MAX(F1:F17)
1.
11. MIN
=MIN(…)
Fungsinya:Untuk mencari nilai
minimum (terkecil)
Bentuk umum:=MIN(range sel)
Contoh:Misalkan kita ingin
menentukan nilai terkecil dari sederetan selyang berada di sel F1 sampai sel
F17
Penulisan:=MIN(F1:F17)
1.
12. AVERAGE
=AVERAGE(…)
Fungsinya:Untuk mencari nilai
rata-rata
Bentuk umum:=AVERAGE (range sel)
Contoh:Misalkan kita ingin
mengetahui nilai rata-rata dari sel A11sampai A17
Penulisan:=AVERAGE(A11:A17)
1.
13. ABS
=ABS(…)
Fungsinya:Untuk mengubah angka-angka
yang ada dalam daftar argumennya menjadi bilangan mutlak (absolut)
Bentuk umum:=ABS(range sel)
Contoh:Misalkan kita bermaksud
mengetahui secara mutlak dari selyang kita aktifkan, misal di sel F17
Penulisan:=ABS(F17)
1.
14. SQRT
=SQRT(…)
Fungsinya:Untuk menghitung akar dari
bilangan X. Bilangan X tidak boleh negatif
Bentuk umum:=SQRT(range sel)
Penulisan:= SQRT(25)-> 5
1.
15. DATE
=DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya:Untuk menghitung jumlah
hari
Contoh:=DATE(73,8,11) à 26887 hari
1.
16. LEFT
=LEFT(…;…)
Fungsinya:Untuk mengambil teks
sejumlah karakter tertentu dari sebuahkiri
Bentuk umum:=LEFT(teks;jumlah
karakter yang diambil)
Contoh:Misal kita akan mengambil
karakter yang ada di sel F17(Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan:=LEFT(F17;3) hasilnya Feb
1.
17. RIGHT
=RIGHT(…;…)
Fungsinya:Untuk mengambil teks
sejumlah karakter tertentu dari sebuahkanan
Bentuk umum:=RIGHT(teks;jumlah
karakter yang diambil)
Contoh:Misal kita akan mengambil
karakter yang ada di sel F17(Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan:=RIGHT(F17;3) hasilnya ari
1.
18. MID
=MID(…;…;…)
Fungsinya:Untuk mengambil teks dari
kedudukan tertentu dengansejumlah karakter tertentu
Bentuk umum:=MID(teks; start_number;
number_char)
Contoh:Misal kita akan mengambil
karakter baru yang ada di sel F17(Februari)
Penulisan:=MID(F17:3:3
1.
19. CONCATENATE
=CONCATENATE(Text1;Text2;….)
Fungsinya : Untuk menggabung text
Contoh : text 1 berada pada kolom
C3, text 2 berada pada kolom D3, maka untuk menggabungkan tex1 dan 2 di kolom
E3, penulisannya adalah :
Penulisan : =CONCATENATE(C3;D3)
- 20. SUMIF
= SUMIF (range; criteria;
[sum_range] )
Fungsinya : menjumlahkan data
bersifat Numerik dengan memenuhi kriteria tertentu.
range : digunakan untuk menentukan range nilai yang akan
diuji.
criteria : digunakan untuk menentukan
kriteria.
sum_range: merupakan data yang akan
dijumlahkan datanya
Contoh : Misalnya kita akan
menjumlahkan total penjualan merk Motor Ducati, Yamaha, Honda dan Suzuki dari
data. Kriteria yang harus dipenuhi dari rumus Fungsi SUMIFadalah Merk Motor
Ducati, Yamaha, Honda dan Suzuki.
Penulisan: =SUMIF(C5:C11; “Yamaha”;
D5:D11).
MENGENAL
MICROSOFT ACCESS 2010
- 1. Aplikasi MS. ACCESS
- a. Pengertian MS. ACCESS
Microsoft Access (atau Microsoft
Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional
yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah.
Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain
tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi
ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga
menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Versi
terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft
Office System 2007.
Sebelum kita berbicara lebih lanjut
mengenai keguanaan Microsoft Access dalam dunia bisnis terapan, terlebih dulu
kita harus mengenal bagian – bagian penting dalam Ms. Access. Bagian – bagian
tersebut antara lain :
Tabel –> merupakan bagian
dalam Ms. Access yang berisi database keseluruhan dari tiap kategori. Tabel
terdiri dari bebeapa kolom yang disebutField. Contoh: Tabel data
mahasiswa Universitas Bakrie, Tabel Dosen Universitas Bakrie, dll.
Query –> merupakan bagian dari
Ms. Access yang dapat digunakan untuk menampilkan field – field tertentu dari
bebrapa tabel. Field dari bebeapa tabel tersebut kemudian dibuat menjadi tabel
baru.
Form –> merupakan bagian dari Ms.
Access yang digunakan dalam proses menginput data ke tabel/ database
Report –> merupakan bagian dalam
Ms. Access yang dapat digunakan dalam proses pelaporan database dan dapat
di print out.
Berikut adalah berbagai macam dari
Database Management System ( DBMS ) :
1. MySQL
2. ORACLE
3. FIREBIRD
4. Microsoft SQL server 2000
5. Visual Foxpro 6.0
6. Database Desktop Paradox
dll.
Keuntungan menggunakan
Database :
1. Kontrol data terpusat
2. Data dapat dipakai bersama
(share)
3. Redundansi data ( kerancuan data
) dapat dihindari dan dikontrol
4. Independensi data
5. Integritas data yang terpelihara
dll.
Fitur MS. Access 2010
The Office 2010 rilis Access
menawarkan beberapa perbaikan yang membuat aplikasi lebih
bermanfaat. Berikut adalah beberapa fitur baru.
Berbagi Database di Web
Access 2010 menyediakan SharePoint
Konektivitas Bisnis Layanan Dukungan. Ini mencakup layanan web dan data
line-of-aplikasi bisnis. Anda dapat membangun langsung ke aplikasi dengan
Microsoft Access 2010. Untuk mempublikasikan database Anda ke web:
- Klik pada menu File pada pita
- Pilih Simpan & option Publish
- Kemudian pilih Publikasikan ke Layanan Access di bawah menu Publish
Macro
direvisi Macro Designer membuatnya lebih mudah untuk menggunakan logika dalam database Anda untuk mengembangkan aplikasi berbasis data yang kuat. Mereka berfungsi lebih seperti pemicu SQL, dan dapat diluncurkan bersyarat didasarkan pada tindakan yang diambil dalam database. Hal ini tidak hanya meningkatkan kinerja, tetapi juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan memungkinkan tugas yang akan otomatis.
direvisi Macro Designer membuatnya lebih mudah untuk menggunakan logika dalam database Anda untuk mengembangkan aplikasi berbasis data yang kuat. Mereka berfungsi lebih seperti pemicu SQL, dan dapat diluncurkan bersyarat didasarkan pada tindakan yang diambil dalam database. Hal ini tidak hanya meningkatkan kinerja, tetapi juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan memungkinkan tugas yang akan otomatis.
Database Baru Template
Access 2010 meliputi suite yang
dirancang secara profesional database template untuk kontak pelacakan, tugas,
acara, mahasiswa, dan aset, antara lain jenis data. Anda dapat
menggunakannya segera atau meningkatkan dan memperbaiki mereka untuk melacak
informasi persis seperti yang Anda inginkan.
Pelaporan
Access 2010 memungkinkan format kondisional dalam laporan, yang menunjukkan informasi yang memenuhi kondisi tertentu atau serangkaian kondisi. Untuk mengedit format kondisional dalam laporan:
Access 2010 memungkinkan format kondisional dalam laporan, yang menunjukkan informasi yang memenuhi kondisi tertentu atau serangkaian kondisi. Untuk mengedit format kondisional dalam laporan:
- Buka laporan, dan pilih tab Format pada Ribbon
- Kemudian, pilih opsi Conditional Formatting
- The Conditional Formatting Aturan Manager daftar aturan akan ditampilkan
- Hanya memilih lapangan yang Anda ingin menambahkan/ menghapus/ memodifikasi format aturan
Data Type Gallery
Access 2010 mengubah cara bahwa
medan ditambahkan ke database dengan menggunakan daftar yang lebih baik bidang
untuk menyisipkan. Data Type galeri menggantikan Tambah Lapangan panel
tugas dan berisi semua jenis lapangan umum untuk digunakan dalam
database. Selain tipe data sudah tersedia dalam database, Anda dapat
menambahkan Anda sendiri untuk daftar.
- 2. Mengenal Workspace M. Access 2010
Komponen Utama (Object)
- Table
Table adalah objek utama dalam
database yang digunakan untuk menyimpansekumpulan data sejenis dalam sebuah
objek.Table terdiri atas :
- Field Name : atribut dari sebuah table yang menempati bagian kolom.
- Record : Isi dari field atau atribut yang saling berhubungan yangmenempati bagian baris.
- Query ( SQL / Structured Query Language )
Query adalah bahasa untuk melakukan
manipulasi terhadap database.Digunakan untuk menampilkan, mengubah, dan
menganalisa sekumpulan
data.Query dibedakan menjadi 2,
yaitu :
- DDL (Data Definition Language) digunakan untuk membuat ataumendefinisikan obyek-obyek database seperti membuat tabel, relasiantar tabel dan sebagainya.
- DML(Data Manipulation Language) digunakan untuk manipulasidatabase, seperti : menambah, mengubah atau menghapus data sertamengambil informasi yang diperlukan dari database.
- Form
Form digunakan untuk mengontrol
proses masukan data (input), menampilkandata (output), memeriksa dan
memperbaharui data.
- Report
Form digunakan untuk menampilkan
data yang sudah dirangkum dan mencetak data secara efektif.
Group Menu dalam Microsoft Acces
Dalam tiap tab terdiri dari
kelompok-kelompok menu perintah berdasarkan kesamaan fungsinya, disebut dengan
istilah “group”. Dengan demikian access 2007 tidak lagi dikuasai “kaum
Barbar’” (menu bar, ToolbarFormatting, dll).
Adapun icon perintah yang terdapa di
tab Home dikelompokkan menjadi 7 group: (1) Views, (2) Clipboard, (3) Font (4)
Rich Text, (5) Record, (6 ) Short & Filter, dan (7) Find.
- A. Group Views
Group Views terdiri dari sejumlah
icon perintah yang digunakan untuk memilih jenis tampilan data.
- 1. Datasheet View: digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk standar. Dalam bentuk tampilan ini data ditampilkan sesuai nama field yang sudah didesain pada tahap awal pembuatan database. Dalam bentuk seperti ini tampilan mirip dengan tampilan lembar kerja di Excel.
- 2. PivotTable View: digunakan untuk menampilkan database dalam bentuk kompilasi, dimana pada tampilan ini hanya memungkinkan untuk menampilkan nama field data saja. Saat diperlukan, user hanya perlu meng-klik salah satu field yang diinginkan, maka deretan data akan ditampilkan.
- 3. Pivot Chart View: digunakan untuk menampilkan data ke dalam bentuk diagram, untuk data yang berkaitan dengan perhitungan angka yang dimanipulasi melalui Query.
- 4. Design View: digunakan untuk tampilan data yang memungkinkan user untuk merancang field serta mengatur tipe data pada setiap field. Pada tampilan jenis ini nama field disusun secara vertikal, sedang di sebelah kanannya berisi tabel yang digunakan untuk memilih tipe data tertentu pada setiap nama field di sebelah kirinya.
- B. Group Clipboard
Umumnya icon perintah di group
Clipboard ini berfungsi untuk mengolah seputar papan klip. Secara awam, setiap
data yang di-cut dan di-copy akan tersimpan di dalam Random Access Memory
(RAM). Tak sekedar urusan copy-paste. Group ini juga menyediakan fasilitas bagi
user yang memungkinkannya untuk memilih data tertentu yang ingin di-paste atau
ditempel. Bahkan user diberi peluang untuk mem-paste bagian intisari data,
sedang atribut format tidak akan disertakan ke dalam tempelannya.
- C. Group Font
con perintah di group Font secara
umum digunakan untuk mengatur format huruf dalam suatu database aktif. Format
yang dimaksud, seperti masalah jenis huruf, ukuran huruf, ketebalan huruf,
perataan teks, dll.
Sedangkan perintah-perintah yang
terdapat di group Font ini adalah:
Font: digunakan
untuk memilih jenis huruf. Pilih data dalam datasheet, klik menu ini, dan pilih
salah satu jenis huruf yang tersedia. Namun yang perlu dicatat bahwa janis
huruf yang dipilih hendaknya jenis huruf yang mudah untuk dibaca, mengingat ini
bukanlah desain undangan pernikahan yang lebih mementingkan artistik dan
estetik. Database umumnya identik dengan sesuatu yang formal yang menuntut untuk
disinkronisasi dengan nuansa tersebut. Pilih jenis huruf yang bagus, mudah
dibaca, namun tanpa mengurangi kesan formal.
Font Size: digunakan
untuk memilih mengatur ukuran huruf. Dalam urusan database mungkin merasa perlu
untuk mengklasifikasikan data tertentu. Salah satunya dapat dilakukan dengan
mengubah ukuran huruf terhadap database.
Bold: digunakan
untuk menebalkan teks terpilih dalam database. Ketebalan huruf juga bisa
menjadi sebuah klasifikasi. Sekelompok data yang diset dengan huruf tebal
dianggap sebagai kelompok data dengan kriteria yang sama.
Italic: digunakan
untuk memiringkan huruf. Dalam aspek kebahasaan, tulisan yang diformat miring
dapat memiliki arti penekanan atau sebagai kata asing yang belum banyak dikenal
kalangan. Mungkin tak jauh berbeda dengan dunia database. Data yang diset
miring bisa memiliki maksud tertentu, misal, sebagai tanda atau mark, atau
mungkin memiliki arti penekanan terhadap kriteria tertentu.
Underline: digunakan
untuk memberi tanda garis bawah pada data terpilih. Pilih data yang diinginkan,
klik kiri icon ini, maka data terpilih akan tergaris-bawahi.
Align Text Left: digunakan untuk mengatur teks rata kiri.
Align Center: digunakan untuk mengatur teks rata tengah.
Align Text Right: digunakan untuk mengatur teks rata kanan
Font Color: digunakan untuk mengatur warna huruf
Gridlines: digunakan untuk mengatur garis grid di bagian tepi
kotak data. Disini user diberi peluang untuk memilih salah satu jenis garis
tepi kotak data, meskipun secara default, datasheet sudah memiliki gridlines
semu untuk memisah antar kotak data, namun user bisa memberikan garis tepi yang
kontas untuk semakin mempertegas klasifikasi data secara manual.
Alternatif Fill/Back Color: digunakan untuk mengatur serta memilih warna latar
setiap cell data. Secara standar, suatu datasheet sudah memiliki back color
dengan warna yang bersusun secara periodik, untuk kemudahan klasifikasi data.
Namun bagi user yang punya kemauan lebih dari sekedar standar, disini jalan
menuju kustomisasi memang terbuka lebar.
- D. Record
Perintah-perintah di group Records ini digunakan untuk pengaturan seputar isian data yang terdapat dalam datasheet. Icon perintah yang terdapat dalam group ini adalah:
Refresh All: digunakan untuk menata-ulang susunan data. Perintah ini sangat berguna dalam suatu database yang berasal dari data eksternal, misal data sinkronisasi, data dari database di internet, bila terjadi perubahan pada data asal (misal ada penambahan ataupengurangan record), maka di data hasil import tidak ikut berubah. Untuk mengetahui ada-tidaknya perubahan di data asal, maka klik icon Refresh ini, maka semua perubahan di data eksternal akan diterapkan di data import.
New: digunakan untuk memasukkan record baru. Tanpa icon ini, user bisa menambahkan record baru dengan cara mengaktifkan cell di paling kahir datasheet. namun dengan icon New tersebut, user tidak perlu menggeser scroll ke bawah atau bahkan menekan tombol panah ke bawah di saat terdiri dari ribuan record yang melelahkan. Cukup klik icon ini, maka secara otomatis cell di paling akhir datasheet akan siap untuk diisi dengan record baru.
Save: digunakan untuk menyimpan record dari datasheet yang sedang aktif.
Delete: digunakan untuk menghapus record dari data yang terpilih.
Total: digunakan untuk menjumlah record yang terdapat dalam datasheet aktif.
Spelling: digunakan untuk mengecek ejaan kata dari suatu data.
More: berisi menu-menu yang mendukung pengaturan datasheet, seperti mengubah ukuran datasheet, dll.
- E. Group Short & Filter
Perintah-perintah yang terdapat di Group Short & Filter ini digunakan untuk keperluan penyortiran serta penyaringan data. Perintah-perintah yang terdapat di group ini adalah:
Ascending: digunakan untuk mengurut data berdasarkan urutan abjad dari A-Z. Pilih data yang diinginkan, kemudian klik perintah ini, maka data akan tersusun berdasarkan urutan abjad dari A sampai Z.
Descending: digunakan untuk mengurut data berdasarkan urutan abjad dari Z sampai A. Disini merupakan fungsi kebalikan dari Short Ascending.
Clear All Short: digunakan untuk membersihkan semua kriteria penyortiran, disini susunan data akan kembali seperti sedia kala, sebelum dilakukan penyortiran.
Filter: digunakan untuk menyaring data sesuai dengan kriteria tertentu.
Selection: digunakan untuk memilih tampilan data yang sesuai dengan data terpilih saja. Aktifkan suatu data, klik icon Selection ini, data yang ditampilkan hanya yang berdasarkan data terpilih saja.
Advanced: digunakan untuk memilih pengaturan lanjutan yang berkaitan dengan masalah penyaringan data.
Toggle Filter: digunakan untuk menerapkan semua pengaturan penyaringan data.
- 3. Istilah – Istilah Dalam Microsoft Access 2010
Database/
Basisdata
|
Kumpulan Table, misal database Mahasiswa terdiri dari tabel Data Pribadi Mhs, Data Nilai Mhs, Data Mata Kuliah yang ditempuh dsb |
Table
|
Kumpulan records, dibangun dari satu atau beberapa Field |
Field
|
Sebuah kolom dalam sebuah table, menyimpan satu jenis data. |
Record
|
Kumpulan logik dari field pada sebuah table, sering disebut row. |
Query
|
Seperti sebuah Table, tapi menggunkan perintah SQL (string statements) untuk membaca dan menulis pada basisdata. |
Dataset
|
Merujuk pada sebuah table atau query. |
SQL
|
Structured Query Language ; Perintah untuk mencari dan mengurutkan himpunan data pada basisdata. |
Datasource
|
Penghubung antara DataBase dengan Data Aware Components sepertiDBGrid, DBEdit, DBLookUpComboBox. |
Persistent
|
Merujuk pada Real Field yang ada pada file DB, (Calculated and lookupFields are NOT Persistent) |
Key = Primary Index,
|
(field(s) yang digunakan untuk mengurutkan Record pada DataBase), satu table hanya boleh ada satu key |
Index
|
Field(‘s) lain yang digunakan untuk mengurutkan Record pada DataBase (dapat Primary atau Secondary Index) |
Secondary Index
|
Field(‘s) lain yang digunakan untuk mengurutkan Record pada DB. |
Cursor
|
Penunjuk Record (untuk 1 Recrd dalam DB dimana anda dapat membaca/menulis diposisi tersebut) |
Calculated Field
|
Sebuah field yang didapat dari hasil perhitungan field – field lain . Calculated Fields hanya ada di memori dan tidak menetap (Not Persistent) |
Lookup Field
|
sebuah field yang merujuk pada DB dengan menggunakan key field. Lookup Field adalah not persistent |
Jenis Basis Data
|
Paradox, Dbase, Ms Access dan lainya |
DBE
|
Program utama yang mengerjakan semua pekerjaan yang berhubungan dengan DB (adalah sebuah DLL (Dynamic Link Library) yang harus diinstall bila program .exe anda menggunakan DB. |
DataBase Dekstop
|
Sebuah alat bantu (program) untuk membuat DB, melihat isi DB dan mengedit DB. |
DBEcfg32
|
Sebuah program untuk membuat alias. |
Database Explorerdan SQL Explorer
|
Untuk mengolah DB/Query. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar